Selasa, 20 Juli 2010

Buku Besar (Ledger)

Buku besar adalah kumpulan akun dalam entitas usaha. Buku besar merupakan buku catatan akhir (books on final entry), yang merupakan kumpulan rekening Neraca (riil) dan rekening Laba/Rugi (nominal). Buku besar merupakan sekelompok perkiraan yang terdiri dari perkiraan yang berhubungan dan merupakan satu-kesatuan lengkap.
Posting merupakan proses memindahakan ayat-ayat jurnal yang telah dibuat dalam buku jurnal ke buku besar, yaitu memindahkan jumlah dalam kolom debet jurnal ke dalam sisi debet rekening dan memindahakan jumlah dalam kolom kredit jurnal ke dalam sisi kredit rekening.
Prosedur posting:
1. Tanggal dan jumlah yang dicatat dalam jurnal dicatat kembali dalam rekening yang bersangkutan. Apabila suatu jumlah dicatat di sisi debet dalam jurnal, maka posting harus dilakukan ke sisi debet rekening, sebaliknya bila di dalam jrnal dicatat di sisi kredit, maka posting harus dilakukan ke sisi kredit rekening. Cara mencatat tahun, bulan dan tanggal. sama dengan yang dilakukan dalam jurnal.
2. Apabila posting telah dilakukan, maka nomor halaman jurnal harus dituliskan dalam kolom P/R di buku besar akun yang bersangkutan.
3. Menuliskan nomor rekening yang telah diposting pada kolom P/R di dalam jurnal. Prosedur ini mempunyai dua tujuan, yaitu:
a. Untuk menunjukkan bahwa jurnal tersebut telah diposting
b. Untuk menunjukkan hubungan antara jurnal dan rekening di buku besar.

1 komentar: